Sabtu, 27 Oktober 2012

Paragraf Induktif dan Deduktif

Paragraf Induktif dan Deduktif

Paragraf Induktif
Paragraf induktif disebut juga paragraf khusus-umum. Yaitu paragraf yang diawali dengan menyebutkan masalah-masalah khusus untuk memperoleh suatu kesimpulan umum yang mencakup seluruh peristiwa khusus sebelumnya. Dengan demikiandala paragraf induktif ini ide pokok atau kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.



Indikator:
• Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
• Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
• Menuliskan kesimpulan paragraf induktif

Ciri-ciri Paragraf Induktif :
• Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus
• Kemudian, menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus
• Kesimpulan terdapat di akhir paragraf

Contoh paragraf induktif :
Contoh 1:

Karena kejahatan di internet sekarang ini sangat berbahaya sekali dan mengancam semua orang terutama anak-anak, Sebab mereka masih terlalu hijau masih cupu untuk mengawasi hal-hal mencurigakan di sekelilingnya. Sehingga menjadi tanggung jawab setiap orangtua untuk selalu mengawasi sang buah hati.

Kalimat utama :
Sehingga menjadi tanggung jawab setiap orangtua untuk selalu mengawasi sang buah hati.

Kalimat penjelas :
Karena kejahatan di internet sekarang ini sangat berbahaya sekali dan mengancam semua orang terutama anak-anak, Sebab mereka masih terlalu hijau masih cupu untuk mengawasi hal-hal mencurigakan di sekelilingnya

Contoh 2 :

Di era zaman globalisasi ini, banyak orang yang memiliki sepeda motor. Itu disebabkan, karena sekarang mereka bisa memiliki sepeda motor dengan cepat dan mudah. Agar tidak datang terlambat, banyak orang yang berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda motor. Bahkan anak sekolah pun tidak mau kalah. Mereka berangkat ke sekolah memilih mengendarai sepeda motor. Dari pada naik sepeda biasa ataupun angkutan umum. Begitu juga dengan ibu-ibu. Untuk pergi ke pasar saja, mereka menggunakan sepeda motor. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang sepeda motor dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kalimat utama :
sepeda motor dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Paragraf Induktif :
• Generalisasi
Pengertian Paragraf Generalisasi
General = umum
Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili.
Contoh :
Setelah karangan anak-anak kelas 3 diperiksa, ternyata Ali, toto, Alex, dan Burhan mendapat nilai 8. Anak-anak yang lain mendapat 7. Hanya Maman yang 6, dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang. Boleh dikatakan, anak kelas 3 cukup pandai mengarang
• Analogi
Pengertian Paragraf Analogi
Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan
Contoh :
Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi, ia akan semakin merunduk. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak.
• Klasifikasi
• Perbandingan
• Sebab akibat
1. Sebab akibat
Pengertian Paragraf Sebab Akibat
Paragraf hubungan sebab akibat adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.
Contoh :
Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.
2. Akibat sebab
Pengertian Paragraf Akibat Sebab
Paragraf hubungan akibat sebab adalah paragraf yang dimulai dengan fakta khusus yang menjadi akibat, kemudian fakta itu dianalisis untuk diambil kesimpulan
Contoh :
Hasil panen para petani di Desa Cikaret hampir setiap musim tidak memuaskan. Banyak tanaman yang mati sebelum berbuah karena diserang hama. Banyak pula tanaman yang tidak berhasil tumbuh dengan baik.
Bukan itu saja, pengairan pun tidak berjalan dengan lancar dan penataan letak tanaman tidak sesuai dengan aturannya. Semua itu merupakan akibat dari kurangnya pengetahuan para petani dalam pengolahan pertanian.
3. Sebab akibat 1 akibat 2
Pengertian Paragraf Sebab Akibat 1 Akibat 2
Dalam paragraf hubungan sebab akibat 1 akibat 2, suatu penyebab dapat menimbulkan serangkaian akibat. Akibat pertama berubah menjadi sebab yang menimbulkan akibat kedua. Demikian seterusnya hingga timbul beberapa akibat..
Contoh :
Pasokan beras di pasar tradisional pun semakin lama semakin menipis sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan beras. Hal ini mendorong pemerintah untuk melakukan impor beras dari negara tetangga dengan harapan masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan pangannya selama menunggu hasil panen berikutnya.

Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif dikembangkan mulai dengan menuliskan gagasan utama atau pikiran utama pada awal paragraf sebagai data yang umum, kemudian dijabarkan dalam beberapa pikiran penjelas sebagai sesuatu yang khusus. Paragraf deduktif disebut juga paragraf pengembangan umum - khusus.



contoh 1:

HM Wahid, warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menipu beberapa orang hingga jutaan rupiah. Wahid mengaku bisa mengupayakan para korbannya bekerja ikut kapal luar negeri seperti Jepang, Amerika, Korea, dan Australia dengan gaji tinggi. Namun korban diminta membayar sedikitnya Rp 4 juta untuk mengurus paspor, cek kesehatan, dan dokumen lain sebagai syarat berlayar.
Kenapa paragraf diatas termasuk ke dalam paragraf deduktif?, karena paragraf tersebut memiliki kalimat utama diawal paragraf dan kalimat penjelasnya ada pada akhir paragraf

Kalimat utama :
HM Wahid, warga Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menipu beberapa orang hingga jutaan rupiah

Kalimat penjelas :
Wahid mengaku bisa mengupayakan para korbannya bekerja ikut kapal luar negeri seperti Jepang, Amerika, Korea, dan Australia dengan gaji tinggi…………..

Contoh 2 :
Yogyakarta sampai saat ini mempunyai sebutan "Kota Pelajar". Tentu saja sebutan itu tidak muncul begitu saja oleh masyarakat lingkungan yang menyebutnya, begitu pula pemilik Yogyakarta yang mendapatkan sebutan tersebut. Sebutan itu mempunyai alasan dan sejarah panjang. Pada tahun 1945 di Yogyakarta didirikan sebuah Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Gadjah Mada. Di tempat itulah para pemuda saat itu digembleng mental dan spiritualnya. Tidak khayal lagi, perguruan itu menghasilkan lulusan-lulusan yang tangguh. Sebagai generasi penerus, para lulusan tersebut mengem-bangkan dunia pendidikan, baik itu pendidikan awal/TK/SD, menengah, ataupun perguruan tinggi. Selain pendidikan formal di Yogyakarta pun muncul tempat pendidikan tinggi. Selain pendidikan formal, di Yogyakarta pun muncul tempat pendidikan nonformal, misalnya tempat kursus dan bimbingan belajar yang jumlahnya banyak sekali

Kalimat utama :
Yogyakarta sampai saat ini mempunyai sebutan "Kota Pelajar".

Paragraf Campuran
Contoh Paragraf Campuran Deduktif-Induktif - Paragraf campuran merupakan jenis paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal maupun di akhir paragraf. Sehingga paragraf ini juga disebut dengan istilah "Paragraf Deduktif-Induktif". Pola pengembangan paragraf ini yaitu umum - khusus - umum. Maka akan terdapat keterkaitan yang sangat erat antara kalimat di awal paragraf dengan kalimat di akhir paragraf. Berikut adalah 2 Contoh Paragraf Campuran Deduktif-Induktif.

Contoh 1 :

Dalam buah terkandung beberapa macam vitamin yang mengandung manfaat. Salah satunya adalah vitamin A yang berguna untuk kesehatan penglihatan. Vitamin A juga menjaga kesehatan sel pada berbagai macam struktur mata dan diperlukan untuk transfer cahaya menjadi tanda-tanda syaraf di retina. Kemudian kandungan vitamin yang terkandung dalam buah adalah vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks berfungsi untuk membantu sel tubuh menghasilkan energi, kesehatan jantung serta metabolisme karbohidrat serta berfungsi melindungi tubuh dari penyakit kanker. Lalu dalam buah juga terkandung vitamin C yang berguna untuk membantu imunitas. Vitamin C merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktifitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Daya tahan tubuh yang terganggu juga diakibatkan oleh serangan radikal bebas berupa polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikal bebas akan membuat sel-sel tubuh kita mudah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik. Itulah beberapa macam vitamin yang terkandung dalam buah dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Kalimat utama :
Awal : Dalam buah terkandung beberapa macam vitamin yang mengandung manfaat.
Akhir : Itulah beberapa macam vitamin yang terkandung dalam buah dan manfaat yang terkandung di dalamnya

Sumber kutipan : http://nasional.kompas.com/read/2010/03/31/2022537/KPK.Geledah.4.Lokasi..Sita.Dokumen.Penting

1 komentar: