Kamis, 08 November 2012

BI YAKIN INFLASI MASIH SESUAI ASUMSI

BI Yakin Inflasi Masih Sesuai Asumsi

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai inflasi masih sesuai prediksi, meskipun inflasi Oktober jauh meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Inflasi Oktober mencapai 0,16 persen dari sebelumnya hanya 0,01 persen.

BI menyatakan, inflasi tetap terkendali dan diperkirakan pada akhir tahun akan berada di sekitar titik tengah kisaran sasaran inflasi 2012 sebesar 4,5 persen plus minus satu persen.

"Inflasi inti masih terkendali, meskipun sedikit meningkat menjadi 4,59 persen (yoy), terutama didorong oleh kenaikan sewa dan kontrak rumah," ungkap Kepala Departemen Perencanaan Strategis dan Humas BI Dody Budi Waluyo, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Secara fundamental, terkendalinya inflasi inti dipengaruhi oleh turunnya imported inflation sejalan dengan penurunan harga komoditas pangan dan energi global, relatif terjaganya stabilitas rupiah, stabilnya ekspektasi inflasi, serta respons sisi penawaran yang memadai.

Sementara itu, perkembangan harga bahan pangan (volatile food) mencatat deflasi didorong oleh koreksi harga komoditas pangan seiring dengan meningkatnya pasokan.

"Di sisi lain, inflasi administered prices juga terjaga pada level yang rendah seiring dengan tidak adanya kebijakan pemerintah di bidang harga barang dan jasa yang bersifat strategis," tukas dia. (mrt)

Pendapat :
Meskipun lonjakan atau peningkatan inflasi tidak signifikan pemerintah harus tetap berjaga-jaga agar tidak terjadi peningkatan yang tajam.

Sumber : YAHOO.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar