Kamis, 08 November 2012

CADANGAN DEVISA RI NAIK

Cadangan Devisa RI Naik ke USD110,3 M
INILAH.COM, Jakarta - Jumlah cadangan devisa pada akhir Oktober 2012 meningkat mencapai US$110,3 miliar, setara dengan 6,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah dari akhir September US$ 110,297 miliar.
Dalam siaran pers Bank Indonesia Kamis (8/11/2012) disebutkan kenaikan cadangan devisa tersebut dipicu adanya keseimbangan eksternal dalam perekonomian juga mengalami perbaikan sebagaimana yang diharapkan. Defisit transaksi berjalan pada kuartal tiga 2012 turun menjadi 2,4% dari PDB, lebih rendah dari kuartal dua 2012 sebesar 3,5% dari PDB.
Perbaikan defisit transaksi berjalan ini disebabkan oleh membaiknya kinerja neraca transaksi perdagangan yang didorong oleh penurunan impor yang cukup tajam, khususnya barang-barang konsumsi, sementara beberapa komoditas ekspor non-migas seperti CPO mulai tumbuh positif.
Transaksi Modal dan Finansial (TMF) mencatat peningkatan surplus yang lebih besar, terutama didorong oleh investasi langsung (FDI), sehingga secara keseluruhan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) kuartal tiga 2012 kembali mencatat surplus. [ast]

Kepala Departemen Perencanaan Strategis dan Humas BI Dody Budi Waluyo mengatakan, hal ini lantaran transaksi Modal dan Finansial (TMF) mencatat peningkatan surplus yang lebih besar, terutama didorong oleh investasi langsung (FDI).

"Sehingga secara keseluruhan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) triwulan III-2012 kembali mencatat surplus," ungkap dia, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Menurutnya, NPI pada triwulan IV-2012 diprakirakan akan mengalami surplus yang lebih besar, ditopang oleh membaiknya transaksi berjalan dan meningkatnya surplus TMF, khususnya investasi langsung.

"Keseimbangan eksternal dalam perekonomian juga mengalami perbaikan sebagaimana yang diharapkan. Defisit transaksi berjalan pada triwulan III-2012 turun menjadi 2,4 persen dari PDB, lebih rendah dari triwulan II-2012 sebesar 3,5 persen dari PDB," tambahnya.

Perbaikan defisit transaksi berjalan ini disebabkan oleh membaiknya kinerja neraca transaksi perdagangan yang didorong oleh penurunan impor yang cukup tajam, khususnya barang-barang konsumsi. Sementara beberapa komoditas ekspor non-migas seperti CPO mulai tumbuh positif. (mrt)



Pendapat :
Arti definisi / pengertian devisa adalah semua benda yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional. Yang biasanya banyak dijadikan devisa saat ini adalah dollar amerika (usd) :
Sumber Devisa Bersumber Dari :
1. pinjaman / hutang luar negeri
2. hadiah, bantuan atau sumbangan luar negri
3. penerimaan deviden serta bunga dari luar negeri
4. hasil ekspor barang dan jasa
5. kiriman valuta asing dari luar negri
6. wisatawan yang belanja di dalam negeri
7. dll
Kegunaan / Manfaat Devisa :
1. membeli barang atau jasa dari luar negeri (impor)
2. membayar hutang pokok serta bunga hutang luar negeri
3. pembiayaan kegiatan perdagangan luar negeri
4. membiayai perwakilan di luar negeri (duta besar, konsulat, dll)
5. membiayai atlit, misi kebudayaan, studi banding / perjalanan dinas pejabat negara
6. dll
Jenis-Jenis / Macam-Macam Devisa :
1. Devisa umum, yaitu devisa yang didapat dari kegiatan ekspor, penjualan jasa serta bunga modal.
2. Devisa kredit, yakni adalah devisa yang diperoleh dari kredit pinjaman luar negeri.
Fungsi Devisa :
1. alat pembayaran hutang luar negeri
2. alat transaksi pembayaran barang dan jasa luar negeri
3. alat transaksi pembiayaan hubungan dengan luar negri seperti membiayai kedutaan, misi budaya, hadiah, bantuan, dll
4. sebagai sumber pendapatan negara
Jadi, dengan adanaya kenaikan devisa, akan mengakibatkan surplus, dan manfaat dari kenaikan devisa ini supaya dapat di manfaatkan dengan benar, seperti untuk membayar hutang pokok dan bunga hutang luar negeri.
http://organisasi.org/definisi-pengertian-devisa-negara-fungsi-guna-sumber-jenis-macam-devisa
http://id.berita.yahoo.com/cadangan-devisa-naik-jadi-us-110-3-miliar-084500658.html
http://economy.okezone.com/read/2012/11/08/20/715545/cadangan-devisa-ri-naik-ke-usd110-3-m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar