Senin, 02 Desember 2013

Pemerintahan AS Masih Tutup, Sebaiknya Investor Bertahan atau Keluar dari Pasar?



Pemerintahan AS Masih Tutup, Sebaiknya Investor Bertahan atau Keluar dari Pasar?

Jakarta -Pertanyaan dari pembaca: Pemerintahan AS sudah tutup lebih dari dua minggu, dampaknya ke pasar modal internasional belum terasa. Tapi apakah dalam jangka panjang akan berpengaruh? Apakah sebaiknya kita keluar dulu dari pasar?

Jawaban:
Memang sekilas jika kita melihat pergerakan DJIA sejak akhir September hingga penutupan 10 Oktober relatif tidak mengalami pergerakan. Namun jika kita melihat indeks yang lebih besar seperti S&P 500 terlihat indeks telah mengalami koreksi sebesar 0.7%.

Selain itu, VIX Index (indeks yang menggambarkan “kerisauan” investor) naik sebesar 0.7%. Ini memberikan gambaran dalam 10 hari terakhir terjadinya government shutdown, tingkat “kegalauan” investor saham naik 0.7%.

Saya perhatikan dalam kasus government shutdown terakhir di Desember 1995 hingga Januari 1996 (selama 3 minggu) indeks mengalami gap-down di awal shutdown namun mencatatkan gap-up di akhir shutdown. Secara keseluruhan indeks mencatatkan kenaikan.

Moral ceritanya adalah tampaknya investor Amerika mengharapkan terjadinya kesepakatan antara kubu Tea Party dengan Obama.

Apakah harus keluar saat ini? Jawaban sederhana saya adalah Pak Purnomo harus mengikuti trading plan (yang mencangkup entry, exit dan cut loss point) yang telah dibuat serta money management yang ketat.

SUMBER : DETIK.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar